Umat Khonghucu Kemang Bogor Rayakan Imlek 2020 Dengan Tema: Rajut Persatuan Dan Toleransi

BOGOR, smolnews.com – Perayaan Hari Raya Imlek 2571 Kongzili yang jatuh pada selasa 25 Januari 2020 telah dilaksanakan penuh hikmah dan rasa bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa oleh umat khonghucu di Litang (tempat rumah ibadah), Kemang, Kabupaten Bogor.

Seminggu sebelum perayaan Imlek, umat khonghucu telah melaksanakan kegiatan amal disekitar litang yang disebut juga hari persaudaraan (Er Shi Sheng An), Sesuai dengan amanah Kitab Mengzi, kata Ibu Ellen selaku panitia perayaan hari imlek 2571.

Dimalam hari perayaan turut hadir juga kepala desa kemang Pak Entang yang membuktikan “keberagaman itu indah dan harus dipupuk demi persatuan dan kesatuan bangsa yang kita cintai ini,” ungkap pak kades, kehadiran aparat kepolisian yang selalu berkoordinasi dengan umat dan bersinergi terus mengawal ibadah sehingga perayaan imlek ini berjalan dengan aman dan kondusif.

Ibu Elis selaku ketua MAKIN (Majelis Agama Khonghucu Indonesia), Kemang, Kabupaten Bogor, mengatakan “semoga ditahun ini kita lebih baik dalam perilaku, lebih baik dalam kehidupan dan lebih baik dalam iman serta menjaga keberagaman,”ucapnya

Selaku Ketua MAKIN Kemang melalui Perayaan Imlek ini, punya harapan mewakili umat supaya pemerintah lebih membuka pintu atas kehadiran mereka yaitu melalui kepengurusan administrasi dikantor pemerintahan.

Satu hal yang tak terlewatkan dalam perayaan Imlek yakni Kue Kranjang atau Dodol Cina yang dibuat khusus untuk hari raya ini saja, ternyata mempunyai arti dan makna tersendiri yakni menutup hal-hal buruk selama perayaan imlek berlangsung, memberi kebaikan untuk hari-hari selanjutnya dan menjaga keharmonisan serta mempererat hubungan persaudaraan.

Sesuai dengan sabda nabi kongzi Apa yang diri sendiri tiada inginkan, janganlah diberikan terhadap orang lain (Kitab Sabda Suci Lun Yu). “Walaupun berbeda-beda tetapi kita bersatu untuk menjaga keutuhan dan memajukan Bangsa Indonesia yang kita cintai ini,” harap Ellen Buat Seluruh Masyarakat Kemang khususnya dan indonesia pada umumnya, “Gong Xi Fa Cai 2571”.(SL).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *