Peran Penting Masyarakat Dalam Pembangunan Infrastruktur Kota Depok

DEPOK I, smolnews.com – Berbicara tentang infrastruktur yang begitu luas, peran masyarakat dan informasi dari masyarakat sangat di butuhkan demi kelancaran dan sukses nya pembangunan infrastruktur Kota Depok. Tema itu lah yang di ambil pada acara Ngopi Bareng Sekber bersama Kepala Dinas PUPR – Dadan Rustandi, jumat (15/11/19), di kantor Sekber Wartawan Kota Depok Ruko Arcade Blok A, No.10, GDC kota Kembang Depok.

Dalam jabarannya Dadan menjelaskan bahwa dukungan masyarakat sangat diperlukan, karena kerap kali dalam pelaksanaan pembangunan terkendala dengan hal teknis seperti lahan milik masyarakat, SDM, juga rencana pembangunan yang sudah dilakukan secara swadaya masyarakat.

“Jadi masyarakat juga punya peranan penting dalam pembangunan infrastruktur,” ungkap Dadan.

Dadan yang didampingi oleh Denny Setiawan, Kabid SDA PUPR – menjelaskan ada 341 milyar anggaran yang dilelang, menjadi serapan yang rendah karena terkendala oleh aturan. Seperti permen 2019, ULP, yang akhirnya pelaksanaan kerja tidak maksimal atau tidak sesuai target.

“Meski begitu, kami optimis capaian pembangunan PUPR untuk tahun ini bisa mencapai 90 persen, minimal 85 persen,” kata Dadan lagi.

Acara yang dipandu oleh Putra Gara itu ada tiga sesi tanya jawab terkait banyak hal yang semua menyangkut PUPR. Seperti banyaknya bangunan liar di pinggir sungai atau badan kali, menyempitnya sungai dan dangkalnya sungai menjadi pertanyaan beberapa wartawan.

” Bila ada oknum yang membolehkan berdirinya bangun liar (Bangli) di lahan badan sungai segera laporkan kami akan segera lakukan penindakan dengan tegas. Kami juga berharap Sekber Wartawan Kota Depok, dapat membantu di dalam pemberitaan, jangan membiarkan, agar ketertiban, penataan pembangunan kota dapat berjalan sesuai apa yang di harapakan.”Ucap Dadan.

Sementara Denny menambahkan, penertiban adanya di ranah Satpol PP, tetapi PUPR juga sering berkoordinasi terkait penertiban badan sungai dan setu.

“Karena itulah fungsi dan peran masyarakat sangat kami perlukan,” kata Denny.

Acara yang berlangsung dari pukul 14.30 itu, berakhir 16.00.seperti biasa pada acara ngopi bareng kali ini tradisi foto bersama tidak ketinggalan di akhir acara. (SL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *